Menangani Perjalanan bisnis
- 1. Melakukan perjalanan bisnis
memang melelahkan menyenangkan, jika anda seringmelakukannya, tentu
saja perlu kiat-kiat tertentu untuk “survive” dan menikmati‘petualangan’
serta memperoleh pengalaman baru berada di kota-kota yang mungkinbelum
pernah kita singgahi sebelumnya.Berikut ini beberapa tips penting yang
mungkin bermanfaat untuk membuat perjalananbisnis anda lancar dan
menyenangkan : • Gunakan 1 tas saja untuk mempermudah mobilitas
anda. • Anda seorang wanita? silahkan klik 8 tips untuk woman
business traveller • Trouble Free Travelling tips, wajib anda
cermati • Jangan sampai melebihi budget anggaran • Untuk
perjalanan yang jauh, mungkin duduk di sisi gang akan lebih nyaman dan
mempermudah anda ke toilet didalam pesawat dibandingkan dengan
duduk di sisi jendela ;tapi konsekwensinya anda akan kehilangan
pemandangan indah yang mungkin anda lihat disepanjang penerbangan.
• Demi alasan keamanan selalu bawa laptop, kamera, dan seluruh
barang berharga dalam carry-on baggage yang anda bawa kedalam
kabin pesawat.Tips diatas adalah sedikit dari beberapa tips yang dapat
anda gunakan, silahkan untukanda tambahkan .Happy Travelling…Untuk
melingkatkan hubungan serta mengembangkan naskah atau perluasan
produktivitas. Maka seorang pimpinan sering melakukan perjalanan dinas
diluar kotabahkan pula keluar negeri.Dalam hal ini pimpinan membutuhkan
seorang sekretaris untuk mengatur segala sesuatuyang berkaitan dengan
perjalanannya. Persiapan perjalanan dinas yang matang
- 2. Diharapkan akan lebih banyak memberi manfaat dalam rangka pengembangan
aktivitasinstansi atau perusahaan.Tugas sekretaris dalam menangani
perjalanan bisnis antara lain : 1. Mengetahui maksud tujuan
perjalanan dinas. 2. Mengatur jadwal perjalanan dan pertemuan. 3.
Mengatur tanggal keberangkatan. 4. Mengurus akomodasi (transpotasi
dan penginapan). 5. Mempersiapkan dokumen (surat – surat) yang
diperlukan. 6. Mempersiapkan keperluan keuangan.
- 3. Bersiap
Untuk Perjalanan DinasPipitPublished 07/29/2008 - 2:28 a.m. GMT
Rate This Article:
-2ABOUT THE AUTHORPipitEmail:Click To Contact
AuthorKebanyakan orang menganggap perjlanan dinas adalah waktunya
bersenang-senang,Eits.. jangan senang dulu dan jangan sampai kebablasan.
Namanya juga ‘perjalanandinas’ meskipun jalan-jalan ke luar kota
intinya tetap kerja!! Cuma tempatnya yangberbeda. Biar perjalanan dinas
nggak jadi malapetaka, baca artikel ini terus….Perjalanan dinas bisa
jadi promosi bagus buat karier kita, sejauh dari pengawasan bos kitabisa
nunjukin kalau kita tetap bisa bekerja dengan baik selain itu kita bisa
mendapatkanpengalaman untuk diri sendiri, mulai dari melihat tempat
baru hingga mengenal budayadi tempat lain.Perjalanan dinas ada 2 jenis
• Undangan dari pihak lain ( Klien) • Ditugaskan oleh
perusahaan
- 4. Tapi kita boleh saja mengusulkan perjalanan dinas
ini bila memang sangat di perlukan,tentunya dengan memberikan alasan
pentingnya sebuah perjalanan dinas.Siap-siapYang pertama harus di
perhatikan dalam mengatur perjalanan kita adalah acara inti yangakan
kita hadiri disana, baik berupa undangan atau penugasan perusahaan. •
Bila perusahaan memberikan waktu satu dua hari, kita harus cermat
mengatur waktu secara efisien. • Transportasi biasanya sudah
disiapkan oleh pihak yang mengundang atau perusahaan, tapi tidak
ada salahnya mengecek kembali, siapa tahu ada hal-hal yang tak
terduga. • Bila peraturan perusahaan menghendaki kita mengatur
sendiri, lakukan pemesanan jauh-jauh hari. Perhatikan batas
anggaran yang diperbolehkan perusahaan untk uang saku,
transportasi dan akomodasi. Tentunya jangan lupa konfirmasi
sebelum hari H. • Setelah tiba di kota tujuan, cari tahu soal
kondisi lalu lintas. Jangan sampai terlambat datang ke tempat
meeting gara-gara salah prediksi kondisi jalan. • Jangan lupa
menghubungi contact person di kota tujuan, hubungi sebelum kita
berangkat sekaligus memperkenalkan diri. Dengan begitu kita tahu siapa
yang harus di hubungi.Bagi tugasPaling nggak enak kalau
meninggalkan kantor saat pekerjaan menumpuk di meja, untukitu kita harus
: • Bereskan dulu tugas-tugas yang tersisa sebelum berangkat, jika
memang tidak sempat delegasikan deh… • Bila kita sudah punya
bawahan tentunya akan lebih leluasa mendelegasikan pekerjaan, tapi
jangan lupa buat daftar pekerjaan apa saja yang harus di lakukan
saat kita absen, beri petunjuk pada bawahan jauh-jauh hari agar bisa
mempersiapkan diri untuk tugas kita tersebut • Namun bila kita
belum memiliki bawahan, sebaiknya selesaikan dulu tugas sebelum
berangkat, jangan sampai membawa pekerjaan kantor selama perjalanan.
Selain kita harus berkonsentrasi ke pekerjaan yang akan kita lakukan
disana, resiko kehilangan berkas-berkas pun lebih besar. •
Jika pekerjaan kita bayak banget, minta kepada atasan untuk
mendalegasikannya ke rekan kerja kita, dan jangan lupa buat
catatan agar nantinya nggak bolak balik di
telepon.Berkemas-berkemasJangan anggap enteng untuk urusan yang satu ini
:
- 5. Barang-barang pribadi sangat mendukung perjalanan
dinas, nggak maukan dicap orang yang paling menyebalkan, karena
harus meminjam barang saat perjalanan. • Repot harus membeli
kebutuhan pribadi juga malah menyita waktu yang seharusnya di
gunakan untuk bekerja. • Buat check list dan patuhi isinya, bila
memang ada barang yang nggak perlu ngapain dibawa. • Sesuaikan
pakaian dengan cuaca setempat. • Bawa pakaian yang praktis dan
gampang di padupadankan. Celana hitam bisa jadi andalan untuk
segala macam acara, baik resmi maupun santai, bisa jadi bonus juga
biar nggak cepat kotor. • Hindari membawa banyak koper berisi
pakainan (kecuali profesi kita artis). Siapkan saja tas yang bisa
dilipat untuk menyimpan oleh-oleh nantinya.Bisnis is bisnisAturan
perjalanan ada 2, tertulis dan tak tertulisTertulisKewajiban mengikuti
jadwal yang sudah di tentukan. Misalnya, kapan harus tiba, kapanharus
mengikuti meeting, dan kapan harus membuat laporan hasil perjalanan
dinasTak tertulisBerupa etiket dan cara kita berprilaku, tetaplah jaga
image.Business TripBiar perjalanan nggak membosankan jangan lupa
melakukan hal kecil yangmenyenangkan.- Bawa buku bacaan ringgan, bisa
jadi teman menunggu pesawat dan meredakanstress.- Beli majalah setempat,
biar kita tambah kenal dengan daerah setempat- Cukup istirahat biar
kita tambah kenal dengan daerah yang kita kunjungi- Cukup istirahat biar
nggak loyo waktu rapat- Ngobrol dengan orang lokal, untuk mengetahui
budaya setempat- Merekam perjalanan dengan kamera saku, ini bisa jadi
bukti bahwa kita pernah berada di situ
sumber : Niianeoddt Bleggebleg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar