Selasa, 11 September 2012

AWAL DAN AKHIR KEHIDUPAN





KUPASAN UTUH TENTANG
AWAL DAN AKHIR KEJADIAN


         Berbicara tentang hidup dan kehidupan, bukan sebatas membicarkan masalah dunia dengan segala fenomenanya  yang bias disaksikan, dirasakan dan dihayati melalui panca indera. Namun lebih jauh dari itu, ada kenyataan lain yang tak terbatas dan menyimpan berjuta misteri yang tak terjangkau akal. Dari sudut pandang agama, kenyataan tersebut hanya bias difahami dengan menggunakan pendekatan keimanan. berkat jasa para ulama abad klasik, semuanya menjadi lebih jelas dengan lahirnya konsep Rukun Iman (dan Rukun Islam. rincianya meliputi kepercayaan terhadap adanya Allah SWT. adanya malaikat, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, hari Kiamat, serta Qodo dan Qodar yang menjadi ketetapan-Nya.
        Tapi sudahlah kelima hal diatas difahami secara mendalam? jangan-jangan kita hanya tahu dan hafal tanpa pernah mengamalkan-Nya. sebab, kondisi akhir-akhir ini menununjukangejala yang demikian mengkhawatirkan. lihat saja, sudah banyak orang yang beralih menuhankan harta, jabatan dan kedudukan. bahkan, kita tak lagi segan untuk meminta pertolongan dan perlindungan dan perlindungan selain kepada-Nya 
         Kitab al-Qur'an yang berisi firman-firman-Nyapun mengalami hal serupa. keberadaanya sering teronggok di sudut ruang da diselimuti debu karena tidak pernah kita sentuh, apalagi membacanya. kita semakin tak peduli kalau di samping kanan dan kiri, selalu ada malaikat yang mencatat segala amal dan perbuatan. parahnya, kitapun terkesan acuh tak acuh dengan tanda-tanda kiamat yang semakin jelas terlihat di depan mata.
         Jikalau kita ditimpa kemalangan, tanpa sadar kita telah memvonis tuhan telah membuat ketidak adilan. dan ironisnya, kita tak pernah mau iklas dan tawakal bahwa segala sesutaunya itu merupakan qodo dan qodar tuhan. kondisi itulah yang sudah  jauh-jauh hari membuat gelisah. 


Pengarang; Imam Abdurrahman bin Ahmad Al-Qodli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar