Selasa, 27 November 2012

Desakuu..........

 DESAKUU.......


 


        Saya beralamat di Sumberjo, Nglipar, Nglipar, Gunngkidul. Dusun Sumberjo merupakan desa yang sangat makmur. Dusun Sumberjo terdiri dari 4 Rt dan 1 Rw, kira - kira ada sekitar 200 kepala keluarga. Dari 200 kepala keluarga tersebut 10% bekerja sebagai pegawai negri 15% bekerja sebagai buruh dan 75% bekerja sebagai petani. Walaupun kebanyakan mereka bekerja sebagai petani mereka tetap semangat dalam bekerja. Ketika musim penghujan para petani memulai menanam tanaman yang biasa dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, contoh tanaman yang biasa di tanam oleh petani dusun Sumberjo adalah padi, kacang tanah, jagung, kedelai. Dalam melakukan pekerjaan mereka saling bergotong royong dan saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan pekerjaan.


     Dusun Sumberjo juga terkenal sebagai dusun yang aman dan tentram karena setiap kepala keluarga mempunyai tanggungjawab untuk menjaga dan melindungi warganya. agar tidak ada hal-hal yang diinginkan terjadi dimasyarakat, dusun Sumberjo setiap malam mengadakan ronda keliling, yang dilakukan secara bergantian/bergiliran. Agar semua warga aktif dalam melakukan kegiatan ronda keliling warga Sumberjo bersepakat apabila ada seorang warga yang tidak ikut serta dalam kegiatan ronda keliling maka akan dikenakan denda Rp 10.000.


     Dusun Sumberjo dalam menjaga kebersihan setiap satu minggu satu kali diadakan kerja bakti yang biasanya dilakukan pada hari Minggu yang di pimpin oleh dukuh Sumberjo yang bernama Ibu Nari Iswanti.

Kami menerima saran dan kritik dari para pembaca. Semoga cerita ini bermanfaat. Terimakasih



Karya : Opy Wulandari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar